Kepala BSKDN: Inovasi Harus Menjadikan Layanan Publik Lebih Cepat, Murah dan Mudah Diakses
Kepala BSKDN: Inovasi Harus Menjadikan Layanan Publik Lebih Cepat, Murah dan Mudah Diakses

Kepala BSKDN: Inovasi Harus Menjadikan Layanan Publik Lebih Cepat, Murah dan Mudah Diakses

Radar Nusantara – Pontianak – Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo menegaskan pentingnya inovasi dalam penyelenggaraan layanan publik. Menurutnya, inovasi merupakan kunci untuk menciptakan pelayanan yang lebih cepat, murah, dan mudah diakses oleh seluruh masyarakat.

“Yang dibutuhkan masyarakat itu adalah layanan publik yang lebih cepat, lebih pintar lebih murah, dan mudah diakses. Pendekatan yang inovatif dapat memudahkan Bapak/Ibu mewujudkan layanan publik sesuai yang dibutuhkan masyarakat,” ungkap Yusharto saat menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Kompetisi Inovasi Kota Pontianak di Kantor Wali Kota Pontianak pada Rabu, 18 September 2024.

Dia mengatakan, perkembangan teknologi dan perubahan kebutuhan masyarakat menuntut pemerintah untuk bergerak cepat dalam menyediakan pelayanan yang efektif. Respons yang cepat dari pemerintah terkait pelayanan publik, menandakan kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik. Hal itu sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045 yakni Indonesia yang berdaulat maju memenuhi empat aspek meliputi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, infrastruktur yang baik, ekonomi maju dan berkelanjutan.

“Semua orang dituntut untuk berinovasi karena dengan cara-cara baru semuanya (cita-cita Indonesia 2045) akan dapat dicapai dan dapat berjalan beriringan,” terangnya.

Selain itu, dirinya juga menyoroti pentingnya biaya yang lebih terjangkau dalam penyelenggaraan layanan publik. Dengan pemanfaatan inovasi, pemerintah daerah diharapkan dapat menekan biaya operasional tanpa mengurangi kualitas pelayanan. “Layanan publik yang murah bukan berarti kualitasnya menurun, justru melalui inovasi, kita dapat mengoptimalkan sumber daya yang ada sehingga biaya dapat ditekan,” jelasnya.

Berikutnya, Yusharto menekankan bahwa inovasi harus memungkinkan masyarakat untuk mengakses layanan publik dengan lebih mudah. Digitalisasi dan penyederhanaan prosedur adalah contoh dari inovasi yang dapat diterapkan untuk mempermudah akses bagi masyarakat, khususnya mereka yang berada di daerah terpencil. “Tidak boleh ada lagi masyarakat yang kesulitan dalam mengakses layanan publik hanya karena kendala jarak atau proses birokrasi yang rumit,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Yusharto mengajak pemerintah daerah, tidak terkecuali Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak untuk terus berinovasi dan memanfaatkan berbagai teknologi modern dalam memberikan pelayanan yang maksimal.

“Inovasi di sektor publik harus terus dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan daerah masing-masing. Dalam hal ini, kami siap mendukung penuh berbagai inisiatif inovasi di daerah guna meningkatkan kualitas layanan publik,” pungkasnya.

Radar Terpopuler

Diskusi Gizi Berkualitas untuk Generasi Emas Indonesia, Rudolf Simbolon Apresiasi Inisiatif Johanes Gluba Gebze
Diskusi Gizi Berkualitas untuk Generasi Emas...
Radar Nusantara, Jakarta - Koordinator Bidang Humas dan...
Read more
Polda Jatim Berhasil Amankan Tersangka dan Ungkap Motif Mutilasi Wanita Asal Blitar
Polda Jatim Berhasil Amankan Tersangka dan...
Radar Nusantara, Surabaya - Misteri kematian Wanita asal...
Read more
Tragis.! Jalan Desa Bojongsalam, Kec. Rongga Tak Tersentuh Pembangunan, Menunggu Janji PLN Cisokan, Hingga Seorang Ibu Melahirkan di Perjalanan
Tragis.! Jalan Desa Bojongsalam, Kec. Rongga...
Narasumber Pewarta: Tim Red Inews Jabar, || Editor:...
Read more
Polresta Sidoarjo Masifkan Patroli Libur Panjang
Polresta Sidoarjo Masifkan Patroli Libur Panjang
Radar Nusantara, Sidoarjo - Polresta Sidoarjo dan Polsek...
Read more
Usai Absen Pada Laga Pertama, Jens Raven Bisa Main Saat TIMNAS Indonesia U-20 Jamu Suriah
Usai Absen Pada Laga Pertama, Jens...
Radar Nusantara, Bandung - Timnas Indonesia U-20 menerima...
Read more
Semenjak KUPT Pasar Dijabat D Tarigan Pajak Pancurbatu Kumuh Dan Bau
Semenjak KUPT Pasar Dijabat D Tarigan...
Radar Nusantara, Pancur Batu - Luar biasa, semenjak...
Read more
Kapolsek Krian dan Koramil Lakukan Patroli dan Cek Kesiapan Perayaan Imlek di Klenteng Teng Swie Bio,Krian
Kapolsek Krian dan Koramil Lakukan Patroli...
Radar Nusantara, Krian - Kapolsek Krian melaksanakan Kegiatan...
Read more
Satgas Pamtas Yonarmed 11 Kostrad Gelar Doa Bersama Peringati Isra Mi’raj 1446H di Perbatasan
Satgas Pamtas Yonarmed 11 Kostrad Gelar...
Radar Nusantara, Nunukan, 27 Januari 2025 – Dalam...
Read more
Dede Permana

Dede Permana

NO ID : 035-01-01-2020 Berlaku S/D 01-01-2028Media : Radar NusantaraWeb : https://www.radarnusantara.my.id

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *