Kepala BSKDN: Inovasi Harus Menjadikan Layanan Publik Lebih Cepat, Murah dan Mudah Diakses
Kepala BSKDN: Inovasi Harus Menjadikan Layanan Publik Lebih Cepat, Murah dan Mudah Diakses

Kepala BSKDN: Inovasi Harus Menjadikan Layanan Publik Lebih Cepat, Murah dan Mudah Diakses

Radar Nusantara – Pontianak – Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo menegaskan pentingnya inovasi dalam penyelenggaraan layanan publik. Menurutnya, inovasi merupakan kunci untuk menciptakan pelayanan yang lebih cepat, murah, dan mudah diakses oleh seluruh masyarakat.

“Yang dibutuhkan masyarakat itu adalah layanan publik yang lebih cepat, lebih pintar lebih murah, dan mudah diakses. Pendekatan yang inovatif dapat memudahkan Bapak/Ibu mewujudkan layanan publik sesuai yang dibutuhkan masyarakat,” ungkap Yusharto saat menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Kompetisi Inovasi Kota Pontianak di Kantor Wali Kota Pontianak pada Rabu, 18 September 2024.

Dia mengatakan, perkembangan teknologi dan perubahan kebutuhan masyarakat menuntut pemerintah untuk bergerak cepat dalam menyediakan pelayanan yang efektif. Respons yang cepat dari pemerintah terkait pelayanan publik, menandakan kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik. Hal itu sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045 yakni Indonesia yang berdaulat maju memenuhi empat aspek meliputi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, infrastruktur yang baik, ekonomi maju dan berkelanjutan.

“Semua orang dituntut untuk berinovasi karena dengan cara-cara baru semuanya (cita-cita Indonesia 2045) akan dapat dicapai dan dapat berjalan beriringan,” terangnya.

Selain itu, dirinya juga menyoroti pentingnya biaya yang lebih terjangkau dalam penyelenggaraan layanan publik. Dengan pemanfaatan inovasi, pemerintah daerah diharapkan dapat menekan biaya operasional tanpa mengurangi kualitas pelayanan. “Layanan publik yang murah bukan berarti kualitasnya menurun, justru melalui inovasi, kita dapat mengoptimalkan sumber daya yang ada sehingga biaya dapat ditekan,” jelasnya.

Berikutnya, Yusharto menekankan bahwa inovasi harus memungkinkan masyarakat untuk mengakses layanan publik dengan lebih mudah. Digitalisasi dan penyederhanaan prosedur adalah contoh dari inovasi yang dapat diterapkan untuk mempermudah akses bagi masyarakat, khususnya mereka yang berada di daerah terpencil. “Tidak boleh ada lagi masyarakat yang kesulitan dalam mengakses layanan publik hanya karena kendala jarak atau proses birokrasi yang rumit,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Yusharto mengajak pemerintah daerah, tidak terkecuali Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak untuk terus berinovasi dan memanfaatkan berbagai teknologi modern dalam memberikan pelayanan yang maksimal.

“Inovasi di sektor publik harus terus dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan daerah masing-masing. Dalam hal ini, kami siap mendukung penuh berbagai inisiatif inovasi di daerah guna meningkatkan kualitas layanan publik,” pungkasnya.

Radar Terpopuler

Polri: Waspadai Penipuan Online Berkedok Investasi, Jangan Jadi Korban!
Polri: Waspadai Penipuan Online Berkedok Investasi,...
Radar Nusantara, Jakarta – Kasus penipuan online dengan...
Read more
Beranda Ruang Diskusi Apresiasi Langkah Forum Pemred SMSI Angkat Isu Gizi Nasional
Beranda Ruang Diskusi Apresiasi Langkah Forum...
Radar Nusantara, Jakarta – Forum Pemred Media Siber...
Read more
Willem Wandik, Yotam Wonda Ditetapkan sebagai Pemenang Pilkada Tolikara 2024, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tolikara, Ucapan Selamat Mengalir
Willem Wandik, Yotam Wonda Ditetapkan sebagai...
Radar Nusantara, Wamena, Papua - Berbagai ucapan selamat,...
Read more
MUNIO On Screen Produksi Stikosa AWS untuk Tayangan Televisi Publik
MUNIO On Screen Produksi Stikosa AWS...
Radar Nusantara, Surabaya – Upaya memanfaatkan secara maksimal...
Read more
Misteri Mayat Dalam Koper Di Ngawi Terungkap, Pelaku Mutilasi Orang Tulungagung
Misteri Mayat Dalam Koper Di Ngawi...
Radar Nusantara, Surabaya - Polisi menangkap pelaku pembunuhan...
Read more
Babinsa Nogosari Dukung Pembangunan di Desa Jeron
Babinsa Nogosari Dukung Pembangunan di Desa...
Radar Nusantara, Boyolali - Dalam rangka mendukung...
Read more
Berbaur Dengan Warganya Di Manapun Tempatnya, Babinsa Kemlayan Hadir Dan Jalin Komunikasi
Berbaur Dengan Warganya Di Manapun Tempatnya,...
Radar Nusantara, Surakarta - Babinsa Kelurahan Kemlayan  Koramil...
Read more
Terkait Laporan Perzinahan di Pomdam I BB, Pelapor Berharap Praka NM Segera Ditahan dan Dipecat dari TNI
Terkait Laporan Perzinahan di Pomdam I...
Radar Nusantara, Medan - AF suami dari Hn...
Read more
Dede Permana

Dede Permana

NO ID : 035-01-01-2020 Berlaku S/D 01-01-2028Media : Radar NusantaraWeb : https://www.radarnusantara.my.id

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *